Biomassa Merupakan Bahan yang Berasal dari Makhluk Hidup

Energi Biomassa Artinya, Energi Biomassa Apa, Energi Biomassa Apa Saja, Energi Biomassa Berbentuk Gas, Contoh Energi Biomassa, Sebutkan Contoh Energi Biomassa, Cara Kerja Energi Biomassa

Biomassa merupakan bahan yang berasal dari makhluk hidup, antara lain tumbuhan, hewan, dan mikroba. Menjadikan biomassa sebagai sumber pemenuhan berbagai kebutuhan sangat diminati karena biomassa merupakan bahan yang terbarukan.

 

Contoh biomassa antara lain tumbuhan

tumbuhan kreasi dan sisa serat tumbuhan, kotoran hewan, limbah industri, dan limbah lainnya berupa bahan organik. Pemanfaatan energi biomassa yang selama ini banyak dimanfaatkan adalah dari limbah biomassa itu sendiri yaitu sisa biomassa yang tidak terpakai, tebu kering, batang jagung, batang padi, dan lain sebagainya.

Biomassa adalah energi yang dibuat untuk bahan bakar, diperoleh dari sumber alam yang terbarukan.

Keragaman dan Potensi Biomassa Meningkatkan Jumlah Simpanan Karbon

Tenaga biomassa bisa jadi solusinya

bahan bakar yang tidak terbarukan dan mencemari tempat tinggal. Bahan untuk tenaga biomassa dikategorikan menjadi 2 jenis, pertama dari hewan berupa mikroorganisme dan makroorganisme, dan yang kedua berasal dari tumbuhan seperti sisa pabrik pengolahan dan hasil panen langsung.

Tenaga biomassa muncul karena adanya siklus karbon di bumi. Dimana, hampir semua faktor kehidupan, mulai dari tumbuhan, hewan, hingga manusia memiliki faktor karbon yang pada dasarnya terus berputar. Karena dengan begitu, biomassa sendiri bisa dijadikan bahan bakar karena juga memiliki faktor karbon.

 

Para peneliti mengkategorikan biomassa ke dalam berbagai kelompok:

  1. Tanaman kayu (lignoselulosa).
  2. Tanaman herba / rasses.
  3. Tumbuhan air.
  4. Pupuk (pupuk kandang / kompos).

Masing-masing jenis di atas mengandung rasio selulosa, hemiselulosa, dan lignin yang berbeda.

Jual Wood Pellet atau Pelet Kayu sebagai Biomassa Energi Terbarukan

Biomassa dapat diubah menjadi 3 jenis produk utama:

  1. Panas dan listrik.
  2. Bahan bakar transportasi.
  3. Bahan baku kimia.

Pemilihan jenis biomassa untuk konversi ke bahan-bahan di atas berkaitan dengan sifat kimia dan fisiknya (sifat kimia / fisik). Sifat-sifat ini melekat pada biomassa yang memastikan pilihan untuk proses konversi serta teknologi pengolahan selanjutnya.

 

Ciri-ciri penting dan karakteristik biomassa yang perlu diteliti adalah sebagai berikut:

  1. Kadar air (intrinsik dan ekstrinsik).
  2. Nilai kalori.
  3. Isi residue dan Abu.
  4. Kandungan logam alkali dan perbandingan antara selulosa dan lignin.

Informasi pembelian Biomass, Abu Sekam Padi, Limbah Kayu, Sekam Padi, anda dapat langsung menghubungi kami serta memesanya secara langsung di website resmi kami www.biomassutama.com dan hubungi layanan kami di nomor di +62811-9635-333: Suhandi dan +62811-8607-819: Eka Prasetyo.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *