Manfaat Sekam Padi atau Rice Husk untuk Kebutuhan Bertanam

Manfaat Sekam Padi atau Rice Husk untuk Kebutuhan Bertanam

Sekam Padi adalah hasil sampingan dari penģgilingan padi selain bekatul. Di negara kita banyak sekali sekam padi sampai dibuang buang karena dianggap limbah, terutama di sentra sentra pertanian. Seandainya dijualpun harganya murah. Biasanya, sekam diambil oleh industri batu bata untuk dijadikan bahan bakar.

 

Bagi pekebun seperti saya, sekam padi adalah emas. Sekam padi memiliki banyak manfaat untuk berkebun. Lihatlah tukang tukang tanaman di pinggir jalan. Mereka semua menggunakan sekam padi. Kami memiliki stok sekam padi cukup banyak. Bila habis,  beli lagi di Biomass Utama saja.

 

Karena tempat tinggal saya jauh dari pusat pertanian. Makanya pergi ke tukang tanaman di pinggir jalan untuk beli sekam. Biasanya beli sekarung. Sekam padi adalah anugrah bagi kita.

 

Orang orang luar sana menyebutnya rice hull atau rice husk. Mereka jarang memakai sekam padi sebagai bahan campuran media tanam, karena mereka lebih suka menggunakan perlite. Perlite adalah butiran mineral dengan kandungan silica seperti yang dikandung sekam. Masing-masing memiiki kelebihan dan kekurangan.

 

Sekam padi memiliki kelebihan sebagai media tanam, antara lain karena bentuknya yang seperti perahu dan memiliki lambung, sehingga mampu menahan nutrisi lebih lama. Di samping itu juga memiliki manfaat lain yang tidak mungkin didapat dari perlite.

 

Jual Biomass Indonesia Mitra Terpercaya dalam Pasokan Biomassa

 

Berikut ini adalah manfaat sekam padi bagi anda yang suka bertanam

 

Memperbaiki Struktur Tanah dan Meningkatkan Porositas

Campurkan sekam padi bersama media tanam (terutama untuk pot/polybag). Maka tanah akan memiliki sifat gembur dan poros.

 

Dan akarnya sangat banyak dan merambat keberbagai arah. Ini karena tanah memiliki banyak rongga untuk perkembangan perakaran. Hal yang sama juga terjadi pada tanaman sirih dan pandan, ketika hendak dipindahkan ke pot yang lebih besar. Akar mereka banyak, berwarna putih halus.

 

Sebagai Penangkal Kucing

Salah satu hewan yang sering mengganggu di kebun adalah kucing. Mereka bermain di situ, dan buang air di situ. Dan selalu menemukan tumpukan feses mereka di sela-sela tanaman yang tentu saja harus dibuang karena itu bukan pupuk kandang.

 

Akhirnya bisa menemukan cara yang simpel untuk membuat kucing kucing itu pergi. Taburkan saja sekam padi agak tebal diatas kebun. Tutupi dengan merata sehingga tampak seperti mulsa. Ternyata kucing tidak mau main di situ. Bentuk sekam yang tajam tidak mereka sukai. Jangankan buang air, untuk menginjak kebunpun mereka tidak mau.

 

Sebagai Penangkal Bekicot dan Slug

Bekicot adalah musuh tanaman muda. Demikian juga slug. Slug adalah masih jenis bekicot juga, tapi ia tidak memiliki rumah. Orang orang sering mengiranya lintah, padahal bukan. Baik bekicot maupun slug, menyerang di malam hari dengan memakan tanaman tanaman muda.

 

Untuk mengatasi serangan mereka berdua, taburkan sekam disekeliling tanaman. Dijamin mereka tidak berani menjarah tanamanmu. Perut mereka yang lunak tidak akan sanggup melewati sekam padi yang tajam. Tapi jangan lupa, bekicot dan slug juga bisa memanjat. Mereka bisa menyerang dari arah atas bila ada jalannya.

 

 

Sebagai Mulsa, dan Memperindah Kebun

Mulsa, adalah lapisan pelindung tanah yang diletakkan di sekeliling tanaman. Pemberian mulsa bermanfaat untuk menjaga kelembaban tanah, menghambat gulma dan disukai oleh makhluk-makhluk renik yang ada di dalam tanah. Mulsa bisa berasal dari kertas koran, kompos, jerami, atau bahkan plastik.

 

Penggunaan sekam padi sebagai mulsa, akan memberikan satu manfaat tambahan bagi anda. Yaitu, kebun atau tanaman tanaman pot, akan kelihatan lebih bersih, lebih rapi, dan lebih indah dipandang.

 

Jual Sekam Padi di Indonesia untuk Pemanfaatan Energi Biomass

 

Dibakar, untuk Media Tanam

Penggunaan sekam padi, bisa juga dibakar lebih dahulu sampai gosong setengahnya (50%) atau gosong penuh (100%), kemudian digunakan sebagai campuran media tanam. Campurlah dengan tanah, dan kompos. Keuntungan pakai media tanaman sekam bakar adalah steril, poros, banyak unsur hara, dan ringan sehingga pot tanaman mudah mobilisasinya.

 

Bisa juga mencampurkan sekam bakar dalam media tanam. Sejauh ini, tanaman tanaman tumbuh sehat. Dari beberapa literatur, fungsi sekam bakar kurang lebih begini:

 

  1. Untuk pengikat unsur unsur hara dalam tanah, sehingga selalu tersedia untuk tanaman.
  2. Untuk memperbaiki tingkat ke asaman tanah.
  3. Kandungan silikanya dapat memperkuat daun. Dalam uji coba, tanaman yang diberi sekam bakar, lebih tegak daun daunnya.
  4. Kandunga phospatnya dapat memperkuat tanaman dan mendorong perkembangan sel sel tanaman.
  5. Tempat hidup yang bagus bagi jasad renik (mikroba bermanfaat).

 

Informasi pembelian Biomass, Abu Sekam Padi, Limbah Kayu, Sekam Padi, anda dapat langsung menghubungi kami serta memesanya secara langsung di website resmi kami www.biomassutama.com dan hubungi layanan kami di nomor di +62811-9635-333: Suhandi dan +62811-8607-819: Eka Prasetyo.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *