Menjual Limbah-Limbah Kayu Menjadi Energy Terbarukan Biomass

Menjual Limbah Limbah Kayu Menjadi Energy Terbarukan Biomass

Limbah kayu yang biasa digunakan sebagai bantalan pengiriman barang tidak jarang dianggap sebagai limbah tidak berguna. Namun di tangan sejumlah pengusaha di Surabaya, limbah ini diolah menjadi Biomass bernilai jual. Lewat bendera usaha Biomass Utama Indonesia, Perusahaan bisa meraup omzet belasan juta per bulan.

 

Limbah tidak selamanya menjadi sampah yang tidak berguna. Lewat ide kreatif dan tangan-tangan terampil, produk yang dianggap tidak bernilai bisa dikreasikan menjadi sesuatu yang memiliki nilai jual. Salah satunya adalah Energi Terbarukan Biomass. Lewat ide kreatif Biomass Utama Indonesia, limbah-limbah kayu mereka sulap menjadi aneka Biomass dan Bio fuel yang bernilai jual.

 

Manfaat Sekam Padi atau Rice Husk untuk Kebutuhan Bertanam

 

Lewat usaha bernama Biomass Utama Indonesia di Surabaya, mereka menggunakan limbah Limbah kayu pinus atau kayu jati belanda untuk dibuat berbagai jenis Biomass seperti Bio Fuel, Biomass, Bio Energy dan Energi Terbarukan.

 

Pada usaha yang baru mereka jalani beberapa tahun ini, Biomass Utama lebih banyak mengurus manajemen proyek, sementar Induk usahanya lebih fokus pada urusan desain dan produksi. Kemudian Biomass Utama juga mengurusi pemasaran. Pihak Perusahan mengatakan, awalnya usaha ini berjalan karena anggota Bio Energy Indonesia peduli pada semangat cinta lingkungan dan cinta alam. “Kami berniat untuk bisa sedikit berperan aktif dalam menghasilkan produk daur ulang untuk juga menjaga bumi dari kehancuran,” ucap Divisi Riset dan Development.

 

Mereka memilih jenis kayu limbah Limbah kayu pinus atau kayu jati belanda dari dalam negeri sebagai bahan baku. Alasannya, kayu-kayu tersebut memiliki sertifikasi International Plant Protection Convention (IPPC) dari PBB (standar ISPM-15), sehingga jelas asal muasalnya. “Kami pun hanya mengambil yang heat treatment, bukan yang dicelup cairan kimia Methyl Bromide atau lainnya dan bukan pinus hasil penebangan liar,” tambah Divisi Riset dan Development.

 

Potongan kayu dari pohon pinus juga jarang beredar karena dilindungi pemerintah Indonesia. Padahal kayu dari pohon pinus itu memiliki serat corak yang indah layaknya kayu jati. Inilah membuat beberapa kalangan menyukai furnitur dari kayu pinus.

 

Untuk proses pembuatan, Pihak Biomass Utama bercerita, ada yang secara garis besar tidak ada perubahan mendasar dari bentuk asli Limbah kayu, ada pula yang melalui proses pembongkaran terlebih dahulu. Kemudian Limbah kayu yang kotor dibersihkan atau dikupas kembali mengunakan mesin ketam (wood planers). Selanjutnya disimpan, baru kemudian dibentuk sesuai rancangan desain yang diinginkan.

 

Salah Satu Fokus Bisnis Biomas Utama Indonesia Adalah Jual Limbah Kayu

 

Produk-produknya ini dibanderol mulai Rp 350.000 hingga Rp 6 juta per unit. Promosi yang dijalankan masih sebatas lewat Website resmi dan media sosial. Dalam sebulan, Biomass Utama mengaku, paling banyak mereka bisa  mendapatkan pesanan hingga sangat banyak. Dari situ, mereka bisa meraup omzet sekitar Rp 55 juta per bulan.

 

Informasi pembelian Biomass, Abu Sekam Padi, Limbah Kayu, Sekam Padi, anda dapat langsung menghubungi kami serta memesanya secara langsung di website resmi kami www.biomassutama.com dan hubungi layanan kami di nomor di +62811-9635-333: Suhandi dan +62811-8607-819: Eka Prasetyo.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *