Pemanfaatan Energi Biomassa dan Keterlibatan Masyarakat Indonesia

Salah Satu Fokus Bisnis Biomas Utama Indonesia Adalah Jual Limbah Kayu

Inti dari pengembangan energi baru dan terbarukan (EBT) adalah menciptakan sesuatu yang baru, bernilai ekonomis, dan tentunya bermanfaat. Salah satu inisiatif solusi terkait EBT adalah program BOSS (Biomass Operation System of Indonesia), melalui pemanfaatan limbah sungai dan sekam padi menjadi briket bio-batubara yang digunakan sebagai bahan bakar pembangkit listrik.

Tidak hanya dapat digunakan untuk pembangkit listrik sendiri, produk olahan ini juga dapat didistribusikan di berbagai daerah di Jawa Barat khususnya Bandung dan sekitarnya, dan ditawarkan kepada industri tekstil. Pembangkit listrik biomassa ini menjawab banyak tantangan mulai dari sampah, ekonomi, lingkungan, kelistrikan, bahkan emisi gas rumah kaca.

“Kami dari pemerintah sangat mengapresiasi program pemanfaatan energi lokal dan keterlibatan masyarakat di seluruh Indonesia yang digagas oleh Biomassa Induk Indonesia. Program ini sangat bagus, dengan berbagai manfaat dan tentunya mendukung pencapaian target EBT 23% di Indonesia. 2025, ”kata Direktur Aneka Energi Baru dan Energi Terbarukan, Harris saat mengunjungi wilayah operasi PLTBm Indonesia berkapasitas 2 MW.

Manfaat Abu Sekam Bahan Baku Abu Silika Harganya Cukup Tinggi

Direktur Utama Penelitian dan Pengembangan Biomassa. Suhandi mengungkapkan, program BOSS berawal dari program TOSS (Tempat Pengolahan Sampah Lokal) yang berhasil dilaksanakan di Unit Generasi Bali, dan kini sedang dibawa ke Indonesia.

Menurutnya, program ini sangat dibutuhkan di wilayah Indonesia karena di aliran sungai banyak terdapat sampah dan sekam yang menyebabkan ikan tidak dapat berkembang biak dengan baik karena ekosistem yang rusak.

 

Program ini juga mendukung Program Bahan Bakar Minyak B100 yang dicanangkan oleh Presiden Jokowi melalui Peraturan Presiden Nomor 15 Tahun 2018 tentang Percepatan Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Daerah Aliran Bahan Bakar B100. Kegiatan revitalisasi dan rehabilitasi BBM B100 ini rencananya akan dilakukan secara bertahap selama tujuh tahun. Bahwa limbah (industri dan sekam) dan sampah merupakan masalah utama bahan bakar B100.

“Program BOSS ini dipersembahkan untuk masyarakat, kedepannya bisa praktek dan menimba ilmu disini sehingga bisa ditularkan ke daerah lain. Tidak hanya tentang kelistrikan, tapi bisa berkembang menjadi industrialisasi masyarakat dimana produksi Bahan bakar briket dari air dapat melibatkan masyarakat sebagai tenaga profesional transfer keramba jaring apung (KJA).

Jual Biomassa atau Biomass untuk Menghasilkan Panas dan Listrik

Saya juga yakin B100 Fuel juga bisa dijawab dengan program ini. Pasalnya, ribuan ton sampah akan menjadi sumber energi baru untuk menggantikan energi fosil. Biarlah semua masyarakat dan industri di sekitar sini saling berpelukan untuk menyukseskan program ini, ”tutup Suhandi.

Air yang tercemar limbah dan keberadaan sekam padi dapat menurunkan umur waduk karena dapat merusak turbin PLTA. Program pemanfaatan limbah dan sekam menjadi energi diharapkan menjadi alternatif solusi.

 

Informasi pembelian Biomass, Abu Sekam Padi, Limbah Kayu, Sekam Padi, anda dapat langsung menghubungi kami serta memesanya secara langsung di website resmi kami www.biomassutama.com dan hubungi layanan kami di nomor di +62811-9635-333: Suhandi dan +62811-8607-819: Eka Prasetyo.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *