Keragaman dan Potensi Biomassa Meningkatkan Jumlah Simpanan Karbon

Keragaman dan Potensi Biomassa Meningkatkan Jumlah Simpanan Karbon

Pendugaan potensi simpanan karbon dalam suatu tegakan dapat dilihat dari besarnya potensi biomassa yang ada. Biomassa hutan dapat memberikan dugaan sumber karbon pada vegetasi hutan, oleh karena 50% dari biomassa adalah karbon (Brown dan Gaton 1996, Salim 2005 dalam Irawan, 2009).

 

Oleh karena itu, potensi simpanan karbon yang dimiliki pada tegakan Jati adalah setengah dari potensi biomassanya yang berarti juga bahwa peningkatan jumlah biomassa akan meningkatkan jumlah potensi simpanan karbon.

 

Salah Satu Fokus Bisnis Biomas Utama Indonesia Adalah Jual Limbah Kayu

 

Simpanan karbon tegakan Jati dihitung dalam satuan ton Ha-1 dengan mengkonversi karbon tiap petak ukur. Potensi biomassa dan simpanan karbon tumbuhan bawah di hutan tanaman Jati disajikan penelitian menunjukkan bahwa biomassa tumbuhan bawah tertinggi berada pada umur 2 tahun yaitu sebesar 0,016 ton Ha-1 dengan total biomassa tumbuhan bawah sebesar 0,115 ton Ha-1 atau 115,12 kg.

 

Total simpanan karbon tumbuhan bawah sebesar 0,057 ton Ha-1 atau 57,56 kg. Potensi simpanan karbon tumbuhan bawah relatif kecildibandingkan dengan karbon total di atas permukaan lahan. Hal ini sangat memungkinkan karena dari segi ukuran tumbuhan bawah jauh lebih kecil dibandingkan dengan pohon atau tegakan.

 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa semakin tua umur Jati maka semakin meningkat kerapatan tegakan Jati sehingga diikuti penurunan jumlah karbon tersimpan pada tumbuhan bawah. Rapatnya tegakan akan berpengaruh terhadap penutupan tajuk dan masuknya sinar matahari ke lantai hutan.

 

Sedikitnya sinar matahari yang masuk ke lantai hutan akan mengakibatkan potensi simpanan karbon tumbuhan bawah lebih rendah. Ini disebabkan peningkatan karbon tumbuhan bawah berkaitan erat dengan intensitas cahaya matahari. Seperti yang diketahui bahwa dalam pertumbuhannya, tumbuhan bawah sangat memerlukan sinar matahari untuk melakukan fotosintesis.

 

Potensi simpanan karbon yang dimiliki pada tegakan Jati adalah setengah dari potensi biomassanya yang berarti juga bahwa peningkatan jumlah biomassa akan meningkatkan jumlah potensi simpanan karbon.

 

Menjual Limbah-Limbah Kayu Menjadi Energy Terbarukan Biomass

 

Total biomassa tumbuhan bawah sebesar 0,115 ton Ha-1 dan total simpanan karbon tumbuhan bawah sebesar 0.057 ton Ha- 1. Semakin tua umur Jati maka semakin meningkat kerapatan tegakan Jati sehingga diikuti penurunan jumlah karbon tersimpan pada tumbuhan bawah.

 

Informasi pembelian Biomass, Abu Sekam Padi, Limbah Kayu, Sekam Padi, anda dapat langsung menghubungi kami serta memesanya secara langsung di website resmi kami www.biomassutama.com dan hubungi layanan kami di nomor di +62811-9635-333: Suhandi dan +62811-8607-819: Eka Prasetyo.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *